Thursday, May 24, 2012

Dampak Dari Pemanasan Global (Global Warming)

Pemanasan Global atau lebih populernya disebut Global Warming adalah ancaman besar bagi masa depan kehidupan manusia, sebagian besar manusia masih melakukan kegiatan yang bisa membuat Global Warming berkembang menjadi semakin pesat, seperti membuat rumah kaca. Dampak Global Warming tidak akan terjadi sekarang tapi akan terjadi pada masa keturunan kita nanti, sungguh disayangkan anak cucu kita akan menerima akibat dari ulah perbuatan kita, dampak Global Warming bisa bermacam-macam dan bisa beragam.
Berikut adalah beberapa dampak dari Global Warming bagi lingkungan kita ke depan yang akan saya jelaskan pada tulisan saya ini. Dampaknya berupa Iklim akan mulai tidak stabil atau dengan artian lain bisa kita terjemahkan sebagai suasana lingkungan akan berubah sewaktu-waktu, misalnya di kutup utara akan menjadi sangat panas yang membuat gunung-gunung es akan mencair dan menjadi air yang sangat banyak yang mengakibatkan bertambahnya air laut dan secara otomatis membuat tenggelamnya pulau-pulau kecil yang ada di bumi ini, dan itu merupakan ancaman besar bagi penduduk yang menghuni pulau yang kurang beruntung, mana hati kita sebagai manusia sosial?.

Dampak berikutnya yang akan terjadi adalah Suhu Global akan cenderung meningkat, hal ini bisa membuat bumi ini akan menjadi sangat panas dan penggunaan AC di rumah atau di kantor akan semakin meningkat, nah AC merupakan sebuah produsen CFC yang merupakan zat yang sangat berbahaya yang meningkat produktifitas Global Warming semakin berkembang. Hal ini otomatis akan berpengaruh pada ketergantungan kita akan air, karena suhu meningkat maka akan terjadi percepatan pada proses dehidrasi kita, sehingga air menjadi barang yang langka, meskipun air akan bertambah bayak, bukan berarti bersih karena gletser akan mengotori air bersih yang akan dikonsumsi oleh umat manusia.

Dampak berikutnya adalah berpengaruhnya sistem ekologis yang menyebabkan hewan akan berpindah ke daerah pegunungan atau ke daerah kutup sedangkan bagi tumbuhan akan menyebabkan sebagian besar tumbuhan akan bermigrasi ke daerah yang bersuhu lebih hangat. Ini sangat merugikan semua lini kehidupan karena tumbuhan yang notabane nya sebagai produsen handal akan berkurang. Sungguh disayangkan jika hal ini terjadi, tapi hal inilah yang akan terjadi pada hal yang akan datang ketika masa-masa anak cucu kita, maka dari itu pencegahan harus segera dilakukan.

Dampak berikutnya adalah mencairnya gletser-gletser yang ada di seluruh permukaan bumi ini yang tentunya akan mengancam ketersediannya air bersih sebagai bahan utama sumber kehidupan dan kalau dihitung dalam jangka waktu yang akan datang akibatnya juga tidak jauh beda dengan hal yang terjadi dikutup, dampaknya adalah bertambahnya volume air laut yang menyebabkan pulau-pulau kecil terancam keberadaanya, jika hal ini terjadi manusia adalah makhluk pertama yang disalahkan karena berbuat seenaknya di muka bumi ini, contoh lain penghasil air bersih adalah Hutan Amazon, dengan terjadinya pemanasan global memicu perubahan Hutan Amazon menjadi Gurun Amazon, karena tumbuhan akan semakin kekeringan dan hidup pada tanah yang tandus sehingga tumbuhan akan mati dengan perlahan demi perlahan.

Menurut berita-berita yang sedang hangat dibicarakan cukup menggemparkan, dimana isinya adalah kehancuran diantaranya pulau-pulau yang ada di Indonesia akan hilang satu per satu sampai ribuan jumlahnya, Kota London di Inggris akan tenggelam oleh air pada tahun 2100 diperkirakan jika akan terus seperti ini, Kepulauan Maldiva akan hilang dan kita tidak akan bisa lagi melihat keindahan dan kehijauan pulau indah ini, cukup disayangkan. Alpen yang dikenal sebagai pegunungan pemisah 2 negara yaitu Italia dan Swiss akan mencair, coba bayangkan apa yang terjadi. Di Negara-Negara yang sering terjadi angin topan seperti di Amerika akan bertambah lagi kedahsyatan tiupan angin ini.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa meninggalkan comment anda disini.
Setiap comment dari anda sangat berarti bagi saya. Terima kasih.

Post a Comment