Thursday, August 2, 2012

10 Fobia Paling Umum Pada Manusia

Banyak sekali macam-macam fobia di dunia ini, tapi yang paling umum adalah :

1. Ophidiophobia


Fobia pada ular. Jenis fobia paling umum, dialami oleh banyak, orang dan berusia sangat tua. Menurut penelitian, rasa takut yang ekstrem terhadap ular, menjadi bagian dalam sejarah evolusi manusia. Banyak orang yang takut pada ular, tetapi beberapa orang mengalami gejala kecemasan berat hanya karena mereka berpikir tentang ular.





2. Arachnophobia

Takut pada laba-laba. Seperti halnya takut pada ular, rasa takut berlebih pada laba-laba juga termasuk fobia umum. Biasanya, fobia ini menimpa kaum wanita 4 kali lebih banyak daripada pria.









3. Acrophobia

Takut ketinggian (mempengaruhi 2-5% dari populasi). Acrophobia berkaitan erat dengan fobia lainnya, termasuk takut jatuh. kebanyakan orang dengan acrophobia aktif menghindari pergi ke tempat-tempat ketinggian yang dapat memicu kecemasan yang parah dan gejala psikologis dan fisiologis tidak menyenangkan. 




4. Aerophobia

Takut penerbangan (mempengaruhi 25% dari populasi dunia). Aerophobia cenderung memicu kecemsan berat dan perasaan gugup dan panik. Duduk di pesawat bisa cukup untuk memicu aerophobia bagi beberapa orang.












5. Claustrophobia

Claustrophobia adalah rasa takut pada ruangan yang tertutup. Biasanya orang mengembangkan rasa takut ini sebagai hasil dari perasaan terperangkap atau terjebak. Dan ini mempengaruhi 5-7% dari populasi dunia.










6. Cynophobia

Takut anjing. Fobia ini hampir selalu dikaitkan dengan pengalaman negatif di masa lalu, misalnya jika seorang anak diserang oleh anjing. Menurut profesor psikologi Brad Schimidt, orang takut pada anjing karena pernah digigit atau melihat orang lain digigit anjing.






7. Dentophobia

Fobia dokter gigi sangat umum dan banyak orang yang mengalami tingkat kecemasan ketika dihadapkan dengan kunjungan dokter gigi. Beberapa orang memiliki rasa takut yang parah dengan dokter gigi dan mereka menhgindari melihat dokter gigi.










8. Nyctophobia

Disebut juga scotophobia. Sebagian besar fobia akan gelap berkembang pada masa kanak-kanak. Banyak orang tumbuh dari ketakutan mereka dari kegelapan tetapi dapat bertahan dalam beberapa orang dewasa. Sebuah fobia dalam kegelapan dapat mempengaruhi tidur seseorang dan kebiasaan sosial.




9. Astraphobia

Bagi orang normal saja suara petir yang menggelegar sudah cukup membut takut, apalagi dengan orang yang fobia terhadap suara petir. Orang fobia petir akan sangat tersiksa jika musim hujan datang disertai dengan petir.








10. Necrophobia

Necrophobia adalah ketakutan akan sekarat atau orang mati. Kebanyakan orang tidak suka membayangkan kematian tetapi beberapa orang mamiliki ketakutan yang mendalam akan hal ini.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa meninggalkan comment anda disini.
Setiap comment dari anda sangat berarti bagi saya. Terima kasih.