Berikut
ini adalah daftar jembatan-jembatan yang paling menakjubkan di dunia.
Jembatan tersebut menakjubkan salah satunya karena keindahannya, dan
beberapa darinya adalah jembatan tua juga. Jembatan-jembatan ini
tersebar di berbagai belahan dunia. Dari Italia sampai Korea. Mari kita
lihat jembatan-jembatan yang paling menakjubkan tersebut.
10. Ponte Vecchio (Italia): Jembatan Tertua dan terkenal
Ponte
Vecchio di Florence adalah salah satu tempat wisata terkenal di Italia,
dan dianggap sebagai jembatan batu lengkung tertua di Eropa. Bahkan
jembatan itu sendiri lebih tua. Sebenarnya dibangun dari kayu sampai
hancur oleh banjir di 1333, dan dua belas tahun kemudian jembatan
dibangun kembali menggunakan batu.
9. Jembatan Air Magdeburg (Jerman): Jembatan Air Terbesar di Eropa
Jembatan
Air Magdeburg menghubungkan bekas Jerman Timur dan Jerman Barat di
Sungai Elbe. Dibangun sebagai bagian dari proyek penyatuan kembali
Jerman, sepanjang 1 km. Jembatan air ini senilai € 500.000.000,
memungkinkan operator untuk menghindari kanal panjang yang padat di
sepanjang Elbe. Kapal-kapal sering memiliki masalah di jembatan ini
ketika air pada tingkat terendah.
Magdeburg Water Bridge
8. Jembatan Tower (Inggris Raya): Jembatan Victorian Paling Terkenal dan paling indah
Selesai
pada tahun 1894 oleh Horace Jones dan Wolfe Barry. Tower Bridge
(dinamai karena adanya dua menara yang menonjol, setinggi 141 meter)
adalah salah satu landmark terkenal di London dan salah satu yang paling
indah di dunia.
Jembatan
ini sepanjang 800 kaki, memiliki ruang 28 kaki ketika tertutup tetapi
mencapai 140 meter ketika dibuka di bagian tengahnya yang memungkinkan
kapal untuk berlayar di sungai Thames. Di masa lalu ketika transportasi
lebih sering melalui laut daripada udara, jembatan dinaikkan sekitar 50
kali setiap hari.
Tower
Bridge dibangun dengan 432 pekerja yang membangunnya selama 8 tahun.
Pada waktu itu mereka menenggelamkan 70.000 ton beton ke dalam 2 dermaga
besar. 2 struktur dimasukkan ke dalam tempat yang mendukung
masing-masing berbobot 1.000 ton dan menghiasi seluruh jembatan dengan
batu Portland dan granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton baja di
bawahnya.
7. Jembatan Angin dan Hujan (Cina): Jembatan Dong
Jembatan
Angin dan Hujan adalah simbol dari arsitektur minoritas
Dong. Jembatan Angin dan Hujan di Diping adalah yang terbesar dari
jenisnya di Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar di Cina
menetap.
Jembatan
ini sepanjang 50 meter dan pertama kali dibangun pada tahun 1894 selama
Dinasti Qing 100 tahun yang lalu. Namun, struktur asli dibakar pada
1959 dan apa yang pengunjung lihat sekarang adalah versi tiruan yang
selesai tahun 1964.
Jembatan
ini berarsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan
langkan dalam berbagai ukuran dan bentuk. Tubuh jembatan dibagi menjadi
tiga bagian, yang terbesar adalah bentuk menara drum tradisional Cina di
tengah. Eave dan pilaster dari jembatan dihiasi dengan bunga-bunga dan
patung-patung yang membuat jembatan ini menjadi sangat unik.
Angin dan Jembatan Hujan
6. Jembatan Oliveira (Brazil): The X-berbentuk Kawat Jembatan pertama di Dunia
Octavio
Frias de Oliveira Jembatan yang melintasi Sungai Pinheiros di São
Paulo, Brasil dibuka pada Mei 2008. Setinggi 138 meter (450 kaki), dan
terhubung dengan Pinheiros Jornalista Marjinal dengan Roberto Marinho
Avenue. Desainnya begitu unik dengan 2 dek melengkung melewati satu sama
lain melalui sebuah menara berbentuk X.
Jembatan Oliveira
5. Jembatan Bergulir (Inggris): Jembatan yang dapat menggulung sendiri
Dirancang
oleh Heatherwick Studio, jembatan ini memenangkan penghargaan Jembatan
Rolling yang terletak di Paddington Basin, London. Alih-alih menggunakan
mekanisme jembatan terbuka konvensional, yang terdiri dari elemen kaku
tunggal yang naik untuk membiarkan perahu lewat, Jembatan Rolling
menggulung sendiri sampai kedua ujung bertemu.
Ketika
dalam posisi horizontal, jembatan pejalan kaki adalah jembatan baja dan
kayu normal yang terbuka penuh. Jembatan adalah lingkaran di satu sisi
yang berbeda dari posisi lurus.
jembatan
dua belas meter ini dibuat dengan delapan bagian besi dan kayu, dan
dibuat melengkung oleh tenaga hidrolik pegangan dipasang pada setiap
bagian.
Jembatan Rolling
4. Hangzhou Bay Bridge (Cina): Jembatan Lintas Laut Terpanjang di Dunia
Berdiri
di seberang Teluk Hangzhou, jembatan ini adalah yang terpanjang di
dunia, dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam jalur jalan
raya di kedua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani lalu lintas di
daerah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara
Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam.
Hangzhou Bay Bridge
3. Henderson Waves (Singapura): Jembatan Pejalan Kaki Terindah
Pada
ketinggian 36 meter dari permukaan jalan, jembatan ini merupakan
jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura. Jembatan 300 meter ini
menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok Blangah Hill.
Henderson Wave Singapura
2. Millau Viaduct (Prancis): Jembatan Tertinggi di Dunia
Setinggi
1125 meter di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, melintasi Jembatan
Millau hampir seperti terbang. Karya Foster & Partners sedikit lebih
tinggi dari Menara Eiffel, butuh waktu tiga tahun untuk membangun dan
dibuka untuk umum pada tahun 2004.
Selain
memberikan pemandangan lembah di bawah, juga bisa memandang awan yang
melintas di bawah jembatan. Millau bukanlah rute bagi mereka yang takut
ketinggian!
Millau
memiliki panjang total 8.071 kaki dengan span tunggal terpanjang 1.122
kaki, jadi ini merupakan jembatan yang sangat indah dalam bentuk
miniatur atau bentuk aslinya. Dek jembatan didukung oleh 7 pilar dan
berat 36.000 ton. 7 menara, masing-masing 700 meter dan berat 292 ton,
dipasang pilar pendukung.
Millau Viaduct
1. Jembatan Banpo (Korea Selatan): Jembatan Air Mancur
Dibangun
9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) memiliki
facelift besar-besaran: sebuah air mancur 10.000 tabung yang berjalan
pada kedua ujungnya. Setelah terpasang, jembatan berubah menjadi daya
tarik wisata besar, karena jembatan ini menembakkan 190 ton air per
menit menggunakan air sungai di bawahnya.
Banpo Bridge Korea Selatan
No comments:
Post a Comment
Jangan lupa meninggalkan comment anda disini.
Setiap comment dari anda sangat berarti bagi saya. Terima kasih.